Rabu, 20 Agustus 2014

Perkembangan Internet


Siapa yang tidak kenal internet? Barang maya yang bisa menembus seluruh dunia ini memang sedang populer saat ini. Namun tahukah anda sejak kapan internet dibentuk? Terbuat dari apakah internet? Dan siapakah penemu internet? Berikut penjelasan sedikit dari saya mengenai internet.

Internet adalah singkatan dari Interconnecting Network. Dari namanya bisa didefinisikan bahwa internet merupakan jaringan komputer yang saling terhubung. Awalnya internet dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 dengan nama ARPANET. ARPANET adalah singkatan dari Advance Reesearch Project Agency Network). ARPANET saat itu digunakan untuk keperluan militer. Spesifiknya, agar informasi perang tidak terpusat secara sentralisasi tapi juga dapat diterima oleh seluruh anggota militer yang saat itu bertugas di berbagai daerah perang.
Pada bulan Oktober 1972 ARPANET mulai diperkenalkan secara umum. Atas dasar antusiasme masyarakat yang begitu besar terhadap ARPANET, maka ARPANET dibagi menjadi 2, yaitu ARPANET untuk kalangan non militer dan MILINET untuk kalangan militer. Pada tahun 1990, nama ARPANET berubah menjadi internet.
Pada awalnya internet hanya menghubungkan antar komputer menggunakan kabel dan tentu saja itu tidak praktis, memakan banyak biaya, dan tidak bisa menjangkau wilayah yang luas. Namun seiring berjalannya waktu, internet saat ini dapat digunakan di manapun, kapanpun, dan oleh siapapun. Tanpa perlu kabel lagi, internet sekarang bisa diakses dengan mudah di smartphone, laptop, komputer, tablet pc, dan sebagainya.
Itulah sedikit penjelasan saya mengenai perkembangan dan kemajuan internet. Semoga bermanfaat..

Berikut ini merupakan film pendek yang menggambarkan awal perkembangan internet



Tidak ada komentar:

Posting Komentar